Tugas 3 Menerapkan pengoperasian transaksi online dan prosedur kegiatan rapat (teleconference)

 MENERAPKAN PENGOPERASIAN TRANSAKSI ONLINE

Transaksi  online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli  secara online melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual.
Contoh Transaksi Online :
1 . Paypal
Paypal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirim uang ke pengguna Paypal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu
Paypal seperti rekening bank, pertama anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit atau balance paypal anda yang dapat diterima Paypal dan anda sudah dapat menggunakan account Paypal untuk bertransaksi
2. Money Broker
Merupakan jasa pengiriman uang termurah dan tercepat yang direkomendasikan di Eropa. Uang akan dikirimkan via email dan sampai saat itu juga. Biaya relatif murah, cuma 2 Euro.
Penerima hanya perlu alamat email untuk menerima uang, kemudian membuka account di moneybookers dan menguangkan uangnya ke nomor bank rekeningnya. Bisa mengirim dan menerima uang diseluruh pelosok dunia. Penerima akan kena biaya 5$ untuk ongkos transfer.
Manfaat transaksi online adalah :
1.      Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
2.      Menurunkan biaya operasional (operating cost).Transaksi online  adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
3.      Melebarkan jangkauan (global reach).Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
4.      Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi online menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
5.      Meningkatkan supply management.Transaksi online menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
6.      Memperpendek waktu produksi.Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer
>> Sistem Pembayaran Dalam Transaksi Online
a. Metode Pembayaran
Dalam bisnis konvensional sehari-hari, seseorang biasa melakukanpembayaran terhadap produk atau jasa yang dibelinya melalui berbagaicara. Cara yang paling umum adalah dengan membayar langsungdengan alat pembayaran yang sah (uang) secara tunai (cash). Cara lainadalah dengan menggunakan kartu kredit (credit card), kartu debit(debit card), cek pribadi (personal check), atau transfer antar rekening(Kosiur, 1997).

 b. Sistem Pembayaran Transaksi Online Dalam dunia maya, ada
beberapa sistem pembayaran online yang populer, diantaranya adalah :Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama-sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebihdari satu nama domain.
1. Alertpay
Sistem pembayaran online AlterPay menawarkan baikuntuk individu dan perusahaan kemampuan untuk melakukan danmenerima pembayaran online, yang memungkinkan untukmentransfer dana dengan cepat.Alertpay dapat mentransfer uang dari dalam akun mereka denganmengedepankan perlindungan privasi bagi penggunanya, jadi tidakakan terlihat identitas pribadi, keuangan, ataupun transaksi yangdilakukan.
2. Solid Trust Pay
Sistem pembayaran online Solidtrustpay menerima pendaftarandari seluruh dunia. Berkantor pusat di Canada.Dalam transaksi elektronik ada beberapa media yang dapat digunakan dalampembayaran, yakni:
1) Kartu Magnetik (Magnetic Stripe Card)
Kartu Magnetik adalah kartu plastik kecil yang memiliki pita termagnetisasi dipermukaannya. Kartu ini digunakan secara luas untuk aplikasiaplikasi sepertiKartu Debit, kartu kredit, kartu telepon, kartu ATM, kartu yang digunakanuntuk melakukan transaksitransaksi pembelian barang dan/atau jasa dalamkaitannya dengan perdagangan elektronik.
2) Kartu Kredit
Dalam transaksi menggunakan kartu kredit, konsumen memberikan nomorkartu kreditnya ke penjual. Selanjutnya penjual dapat memverifikasi nomor ituke bank penerbit dan kemudian dapat membuat slip pembelian bagi konsumenuntuk disetujui. Penjual kemudian dapat menggunakan slip pembelanjaan ituuntuk mendapatkan uang dari bank. Pada periode pembayaran berikutnya,konsumen akan menerima pernyataan dari bank yang mencatat transaksi yangbersangkutan.Pemakaian kartu kredit untuk membeli barang/jasa lewat sarana internetmenggunakan skenario yang sama, tetapi kita akan menjumpai beberapalangkah tambahan yakni langkah yang harus dilakukan agar transaksi dapatdilakukan dengan aman (secure) serta terjadi otentikasi antara pembeli danpenjual. Hal ini menimbulkan berbagai sistem yang berbeda dalampenggunaan kartu kredit pada transaksi-transaksi yang berjalan di internet. Duadiantaranya adalah fitur yang melindungi keamanan transaksi di internet sertaperangkat lunak-perangkat lunak pengelola yang dibutuhkan, baik di sisikonsumen maupun di sisi perusahaan.
3) Cek Elektronik
Sistem pembayaran kartu kredit bukanlah satu-satunya metode pembayaran diinternet. Saat ini ada 2 sistem yang telah dikembangkan yakni oleh FinancialServices Technology Corporation (FTSC) dan Cyber Cash, yangmemungkinkan konsumen menggunakan cek elektronik untuk membayarsecara langsung kepada pedagang di web.Cek elektronik dapat dibuktikan lebih unggul dari cek kertas dalam satu aspekyang signifikan. Sebagai pengirim, kita dapat melindungi diri kita sendiri darikecurangan-kecurangan yang mungkin muncul dari penyingkapan nomorrekening oleh orang yang tidak berhak. Dengan protokol SET, sertifikatsertifikatdigital dapat digunakan untuk melakukan pengujian otentikasiterhadap pembayar, bank pembayar dan rekening.

Menerapkan Prosedur Kegiatan Rapat (Teleconference)


Pengertian Teleconference

Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.

Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya Jadi, juga berbagi aplikasi.
Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conferenceatau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensiatau teleconference tersebut.
Telekonferensi (teleconference) merupakan pertemuan atau percakapan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara tiga atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi.
Saat ini dikenal tiga jenis telekonferensi yang sering digunakan, baik untuk keperluan bisnis ataupun kegiatan-kegiatan sosial, yaitu :
1. Audio Conference (Conference Call)
Audio Conference atau disebut juga conference call adalah percakapan dua atau lebih partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Dari semua jenis telekonferensi, Conference Call paling popular karena memiliki kelebihan sebagai berikut :
  • Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.
  • Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan.
  • Tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi internet yang cepat. 
Untuk melakukan conference call, para partisipan diharuskan menelepon nomor tertentu yang akan menyambungkan mereka ke conference bridge (peralatan khusus yang menghubungkan jalur-jalur telepon yang masuk menjadi satu) yang disediakan oleh provider conference call. Biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan oleh provider conference call bagi penggunanya.
2. Video Conference
Video conference adalah teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated Services Digital Network).
Meskipun video conference memiliki kelebihan dengan adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas telekonferensi ini masih kurang populer di Indonesia karena beberapa hal berikut :
  • Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output(speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)
  • Biaya yang relatif mahal
Saat ini video conference lebih banyak digunakan oleh media televisi dan perusahaan-perusahaan berskala besar. Selain video conferencing yang membutuhkan perangkat-perangkat khusus, ada juga layanan video conferencing yang hanya membutuhkan komputer / laptop. Tipe-tipe video conferencing ini juga bisa disebut Cloud Video Conferencing atau Cloud Meeting. Mengapa dipanggil cloud / komputasi awan? Karena, hanya dengan perangkat laptop / komputer biasa dan koneksi internet yang bagus, anda bisa melakukan video conferencing. 
3. Web Conference
Web conference atau biasa juga disebut webinars adalah fasilitas telekonferensi interaktif yang menawarkan fitur data stream (aliran data) lebih lengkap dimana partisipan dapat berkomunikasi secara simultan menggunakan teks, suara, video hingga berbagi file (file sharing) atau melakukan slide presentation.
Untuk menjalankan web conference biasanya menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet khususnya TCP/IP connection.
Berbeda dengan video conference, untuk melakukan web conference cukup menggunakan perangkat komputer yang dilengkapi dengan perangkat multimedia yang memadai seperti webcammicrophone dan speaker, serta koneksi internet.
Dengan fitur yang lebih banyak, perangkat web conference lebih sederhana dibanding video conference biasa.
Web conference banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau workshop online.
 MANFAAT TELECONFERENCE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
Dalam era kompetisi seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusansangat menentukan. Untuk institusi yang memiliki satuan ker ja yang terpisah-pisah, kendalautama dalam pengambilan keputusan adalah masalah jarak dan waktu. Sangatlah sering parapimpinan melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkinhanya berlangsung dalam hitungan jam, tetapi effort yang diberikan sangat besar.
Adapun faktor-faktor yang mendorong memanfaatkan teknologi ini adalah :
1. waktuketerbatasan waktu sangat mempengaruhi bagi setiap individu khususnya bagi para pengambilkeputusan, hal ini disebabkan oleh kesibukan dari aktifitas individu tersebut.
2. BiayaFaktor ini sudah jelas bahwa dibeberapa tempat untuk bisa mengundang seorang datang ke suatutempat lain membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari biaya tiket pesawat, biaya travelperjalanan, biaya transpot, biaya penginapan, dll.
3. Jarak Faktor ini juga mempengaruhi mengapa sangat dibutuhkannya teknologi ini. Di beberapa tempat,Jarak untuk mencapai suatu tempat sangatlah jauh dan terkadang sulit untuk dicapai sehinggamembutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan untuk menghadiri pertemuan tersebut. Hal ini menyebabkan adanya ketidakefisienan pemanfaatantenaga & waktu karena jarak yang terlalu jauh.Dengan membahas secara lisan dan saling melihat dari bahasa tubuh dengan menggunakantelecoference, setiap peserta dapat berbagi informasi dan segera memberikan tanggapan atauumpan balik, semua tanpa harus bertemu satu sama lain secara langsung.
Beberapa pemanfaatan teleconference dalam pengambilan keputusan di berbagai bidang:
1. Bidang Ekonomi,Dengan video-conference pengusaha dapat melakukan pertemuan-pertemuan bisnis pentingdengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih hemat dibandingkan harus melakukanperjalanan bisnis ke luar negeri.
2Bidang Pendidikan, Teleconference membantu pekerja dari berbagai negara dan budaya yang berbeda dan belajar darisatu sama lain. Virtual lapangan juga terlihat dengan penggunaan teknologi ini, khususnya para pekerja yang terisolasi secara geografis, secara ekonomis atau tidak.

3. Bidang Medis, Teleconference juga dapat membantu pengambilan keputusan dalam halberbagi diagnosa, konsultasi, dan transmisi foto medis diperlukan. Dengan penggunaan Teleconference, pasien dapat dikontrol dengan baik oleh dokter dan perawat baik secara rutinatau dalam situasi darurat, sehingga menyimpan lebih hidup dan membuat penggunaan manfaatkesehatan.Syarat dasar teleconference dapat dilaksanakan.komponen yang dibutuhkan untuk sebuah sistem teleconference diantaranya : Video input, camera video atau webcamo Video output, monitor computer atau proyektorAudio input, microphoneso Audio output, speaker atau headphone.

TUJUAN TELECONFERENCE
            Untuk komunikasi yang dilakukan biasanya oleh dua orang atau lebih menggunakan sistem komunikasi bisa berupa suara (audio) saja atau yang biasa disebut dengan audio conference atau bisa juga menggunakan sistem video atau audio yang biasa disebut dengan video conference.
Keunggulan dan kelemahan
A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
1.    Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
1.    Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
2.    Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
3.    Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
4.    Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
5.    Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
6.    Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
1.    Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.    Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.    Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.    Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
1.    Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.    Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.    Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
1.    Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
2.    Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3.    Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
1.    Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2.    Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
1.    Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
2.    e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
3.    Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
1.    Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
5. Sarana/Perangkat yang digunakan dalam kegitan Teleconference :
a.       Device atau perangkat yaitu alat yang di gunakan untuk teleconference.
b.      Perangkat lunak yaitu software/aplikasi yang di gunakan. Yang paling populer adalah skype,whatsapp(untuk handphone), VMEET(untuk komputer).
c.       Koneksi internet untuk melakukan teleconference kita harus mempunyai koneksi internet yang stabil agar komunikasi bisa nerjalan dengan lancar.
d.      Video input
·         Kamera video/ webcam untuk merekam kegiatan konferensi/pertemuan tersebut.
e.       Video output
·         Monitor komputer
·         Proyektor untuk menyambungkan teleconference agar dapat di lihat oleh orang banyak.
f.       Audio input
·         Mikrofon
g.      Audio output
·         Pengeras suara untuk mengeraskan suara
Langkah-langkah menyelenggarakan/mengikuti teleconference :
Menyelenggarakan konferensi sangat membutuhkan penanganan yang khusus. Langkah pertama Anda harus mampu menguraikan kegiatan tersebut; tentang tujuannya, tahap-tahap yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, orang-orang yang akan dijadikan sebagai panitia, dsb. Berikut langkah-langkah menyelenggarakan conferensi
1.     Mempersiapkan detail program dengan semua orga-nisator konferensi untuk menjamin tercapainya tujuan pengorganisasian.
2.     Menghubungi pembicara-pembicara tamu, orang-orang kunci (key persons) dalam bidang yang menjadi tema konferensi, pejabat penting pemerintah, dan sekaligus meminta jaminan mereka untuk bersedia hadir pada konferensi
3.     Mengatur tempat berlangsungnya konferensi, perincian akomodasi, dan menandatangani berbagai kontrak penyewaan, seperti tempat penyelenggaraan konferensi, hotel, dsb. Anda pasti memerlukan ruang pertemuan/ konferensi, ruang panitia, tempat parkir, pengawasan keamanan, dll. Kesiapan akomodasi ini perlu diperiksa untuk menjamin terlaksananya konferensi dengan sukses
4.     Satu hal penting yang perlu dipikirkan adalah biaya konferensi. Jika Anda/institusi penyelenggara kon-ferensi menghadapi kesulitan biaya, maka Anda perlu menghubungi beberapa badan/departemen pemerintah yang mempunyai kaitan langsung dengan tema konferensi, Anda juga bisa menghubungi perusahaan-perusahaan khususnya yang berkecimpung dalam bidang yang sejalan dengan tema konferensi untuk meminta bantuan dana bagi penyelenggaran konferensi tersebut.
Khusus untuk perusahaan ini, mereka pun sebenarnya bisa mengambil keuntungan dari penyelenggaran konferensi, misalnya karena nama/iklan perusahaan bisa disisipkan dalam buku kumpulan abstrak konferensi atau berbagai bentuk iklan atau promosi lain sesuai yang disepakati.
5.      Menyampaikan rencana konferensi ke khalayak umum. Selain harus membuat brosur atau leaflet tentang penyelenggaraan konferensi (yang harus mencakup jadwal, tempat, tema, dsb.), Anda pun perlu mengumumkannya lewat berbagai majalah ilmiah atau bahkan di surat kabar harian.
6.     Menyiapkan undangan, catatan-catatan program di mana tanggal, tempat, waktu harus diperiksa dengan baik. 
7.      Pada beberapa konferensi yang sungguh-sungguh dipersiapkan, seringkali panitia menyediakan satu map berisi materi konferensi, buku catatan, alat tulis, dll untuk dibagikan kepada semua peserta. Jika mungkin map ini pun mesti Anda persiapkan.
Panduan Menggunakan Video Conferencing

·        Masuk kehalaman Back Office anda lalu “Klik” “Video Communication Center Home”
·        Setelah itu “Klik” “Video Conferencing”
·        Setelah itu “Klik” “My Meeting” untuk membuat jadwal Video Konferensi Anda
·        Tunggu sampai proses “Loading” selesai
·        “Klik” pada daftar tanggal yang akan anda adankan Video Konferensi lalu “Klik” “New Meeting”
·        Isi kolom dengan nama Meeting Anda dan jangan lupa “Centang” “Allow Guest” setelah itu “Klik” “Submit”
·        Contoh pengisian Form Video Konferensi
·        Untuk menggundang teman anda lewat email untuk menghadiri Video Konferensi anda “Klik” “Invite”
·        “Klik” “Invite by Email” untuk mengundang teman anda lewat Email atau “Group Invite” untuk menggundang teman yang sudah ada di daftar Group yang anda buat.
·        Untuk masuk kedalam Video Konferensi anda “Klik” link yang telah tersedia
·        Tunggu sampai Proses Loading selesai.
·        Masukkan Nomer ID dan Password Anda. Jika anda sebagai Tamu dalam Video Konferensi jangan lupa mengisi Nama Anda pada kolom “Latest Guest Name”
·        Setelah semua Proses selesai Anda dapat menggunakan fasilitas Video Konferensi. Anda Dapat Mengirimkan Undangan Video Konferensi Kapan saja, Dimana Saja Jumlah Undangan Tidak Terbatas.

HAMBATAN ATAU GANGGUAN YANG SERING TERJADI DALAM TELECONFERENCE.
1.      Tidak semua daerah terjangkau oleh adanya sinyal internet sehingga sulit untuk terhubung dengan seseorang yang ada di daerah terpencil yang tidak ada jaringan internet
2.      Jika seseorang yang tidak mengerti dengan teknologi akan lebih sulit dan tidak akan efisien dan teleconference berjalan tidak lancar.
3.      Jika koneksi tidak  stabil dan tedak lancar akan meghambat jalanya konferensi atau suatu pertemuan
4.      Harus koneksi ke jaringan yang baik dan stabil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1_menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

Tugas 2_Tutorial pengoperasian ms.publisher